It's me

It's me

Sabtu, 25 Februari 2012

Ice Fishing Festival di Korea Selatan



Bagi sebagian negara yang memiliki musim dingin, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu di sela-sela dinginnya cuaca. Salah satunya adalah Ice Fishing yaitu suatu kegiatan mancing yang dilakukan di atas permukaan es yang licin. Hal ini bukanlah suatu hal yang baru bagi masyarakat Korea Selatan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah Hwacheon, provinsi Gangwon kurang lebih 120 km sebelah timur laut dari Ibu kota Korea Selatan, Seoul. Musim dingin di daerah ini terasa menyenangkan karena ribuan pengunjung dari dalam maupun luar akan datang untuk mengikuti even mancing tahunan atau sekedar menikmati pemandangan di daerah ini. Bukan hanya di Korea selatan saja, Ice Fishing juga populer di negara-negara seperti; Kanada, Finlandia, Estonia, Latvia, Norwegia, Polandia, Rusia, Swedia, Ukraina dan Jerman.

Ice Fishing Festival yang diadakan di Hwacheon ini berlangsung selama kurang lebih 10 hari, dan biasanya diadakan di bulan Januari. Antusiasme bukan hanya datang dari pengunjung lokal tetapi wisatawan mancanegara dari penjuru dunia pun ikut berpartisipasi dalam even ini. Karena itulah even yang diadakan pertama kali pada tahun 2003 ini tidak pernah sepi dari pengunjung di tiap tahunnya. Para peserta juga tidak ragu untuk membawa seluruh keluarga mereka untuk mengikuti even ice fishing ini karena dalam festival ini bukan hanya ice fishing saja yang ada tetapi ice soccer, ice hockey, membuat boneka salju dan lain-lainnya juga ada. Sehingga tidak akan membuat anak-anak merasa bosan saat berada disini.

Dalam Festival Sancheoneo ini, Ada tiga cara menangkap ikan gunung ini. Pertama dengan menggunakan umpan palsu. Kedua, dengan menggali lubang pada lapisan air sungai Hwacheon yang telah membeku dan menggunakan alat pancing mini. Ketiga, dengan mengikuti lomba menangkap ikan dimana para pesertanya melompat ke dalam sungai hanya dengan mengenakan kaos dan celana pendek, dan hanya diperbolehkan menangkap tiga ikan saja. Ikan-ikan yang berhasil ditangkap dapat diolah dan dimakan baik secara mentah ataupun dipanggang di sarana-sarana memasak yang terdapat di sekeliling lokasi festival.
Ada sekitar 9.000 lubang dengan diameter 16 inchi di permukaan es sungai beku Hwacheon yang digunakan untuk memancing ikan sancheoneo. Para pemancing berpindah-pindah dari lubang yang satu ke lubang lainnya, dengan menggunakan alat pancing yang sederhana bahkan ada juga yang hanya menggunakan tangannya untuk menangkap ikan-ikan yang berada di dalam lubang. Untuk menjaga kekurangan ikan dalam Festival Sancheoneo ini, pihak    penyelenggara menambahkan 3 ton ikan sancheoneo setiap harinya selama festival berlangsung. Kebanyakan dari peserta yang mengikuti Festival Sancheoneo ini hanya sekedar untuk fun fishing.



Ikan Sancheoneo atau Cherry Salmon merupakan ikan target yang ingin didapatkan oleh pemancing. Ikan ini bisa tumbuh hingga sebesar lengan orang dewasa. Ikan sancheoneo mampu hidup di dalam es yang bertemperatur di  bawah 20 derajat celcius. Di atas sungai beku yang memiliki panjang 50 km dengan ketebalan es 40 cm festival  sancheoneo ini diadakan, karena banyaknya peserta yang mengikuti ice fishing di sungai Hwacheon ini sehingga  membuat sungai beku ini terlihat seperti stadium.



Di malam hari, sepanjang sungai Hwacheon terpasang lampu-lmpu cantik dengan hiasan ikan berbagai bentuk dan warna- warna. Salah satunya deretan lampu berbentuk ikan gunung sepanjang 150 meter. Selain itu 17.000 lampu ikan gunung buatan para warga lokal lainnya juga dipajang disini. Walaupun musim dingin di Korea tidak berlangsung lama, desa kecil Hwacheon berhasil menciptakan kesan yang mendalam, serta pengalaman festival musim dingin yang tak terlupakan bagi para turis.

2 komentar:

  1. gilaa... pengen jadinya winteran di korea...

    tapi saya liat di fesbuknya KTO Indonesia, sudah mulai masuk semi ya bulan sekarang.. tunggu taun depan deh..T.T...

    BalasHapus
  2. yaaa skrng uda mulai masuk musim semi...

    gpp dunk adeline siapa tau musin dingin tahun depan adeline bisa ikut ice fishing disana... hihihhi (aku juga mauu)

    BalasHapus